Senin, 20 Agustus 2012

Air terjun srigethuk,Pesona kesegaran di tengah daerah tandus dan kering.

aliran sungai oya
Mendengar daerah gunung kidul pasti pikiran pertama yang terlintas adalah daerah yang sering mengalami kekeringan dan daerah tandus. Masih belum banyak yang tahu ditengah-tengah kering dan tandusnya gunung kidul tersimpan pesona kesegaran air terjun srigethuk yang mematahkan pikiran tentang kekeringan dan ketandusan daerah gunung kidul. Masyarakat disitu sering menyebut air terjun srigethuk dengan nama air terjun slempret. Nama slempret sendiri adalah sesuai cerita yang bekembang. Masyarakat sekitar percaya air terjun ini merupakan tempat pusatnya para jin dengan pemimpin jin anggo menduro. Jin-jin yang ada di air terjun ini bisa dibilang menyukai kesenian, karena menurut masyarakat sekitar sering terdengar suara music dari air terjun itu. Suara music itu seperti suara alat usik slompret. Maka itu air terjun ini dinamai masyarakat sekitar air terjun slempret.

Tebing-tebing tinggi yang diselingi mini waterfall
menuju srigethuk
untuk menuju ke air terjun srigethuk traveler di ber dua opsi,yaitu menggunakan rakit melalui sunagai oya atau menyusuri jalan setapak melalui lading dan areal persawahan. Crew muriatravel sendiri memilih menggunakan rakit. Rakit yang digunakan terbilang unik karena terbuat dari drum-drum bekas yang disusun kemudian diberi papan dan alat kemudi. Ternyata menuju air terjun srigethuk menggunkan rakit adalah pilihan yang tepat, karena pemandangan yang begitu indah akan tersaji di kiri kanan. Penyusuran sekitar 300m serasa kita melintasi green canyon yang terkenal di dunia. Tebing-tebing tinggi menjulang membentuk formasi yang mempesona, apalagi di bagian-bagian tertentu tebing ada mini waterfall yang mengalir begitu pelanya dengan suara gemericik lirih yang menentramkan jiwa. Sepanjang menyusuri sungai mata seperti tidak mau berkedip untuk menyaksikan pesona yang ada disini.

menyegarkan diri di aliran air terjun srigethuk
kru muriatravel
air terjun srigethuk
lelah perjalanan untuk menuju ke air terjun srigethuk akan terbayar dengan segarnya air terjun srigethuk. tak lengkap rasanya jika berkunjung kesini tanpa menikmati hempasan dua air terjun yang jatuh. segar dan jernih, itulah kata yang tepat untuk mendeskripsikan air terjun srigethuk. jangan lupa sewa lifejacket demi keamanan anda karena aliran sungai di bawah air terjun cukup dalam. untuk memacu adrenalin anda muriatravel merekomendasikan untuk terjub dari tebing-tebing disekitar air terjun.
akses
sampai saat ini tidak ada kendaraan umum untuk menuju ke air terjun srigethuk . muriatravel menyarankan untuk memakai kendaraan pribadi. rute yang ditempuh biasanya dari jogja menuju kearah kota wonosari, kemudian sampai pertigaan playen belok kanan. traveler tidak perlu bingung karena banyak petunjuk jalan setelah pertigaan playen.  disarankan memakai kendaraan yang prima karena medan yang sulit dan jalan banyak yang belum beraspal mulus.


Tips-tips berkunjung ke air terjun srigethuk.
1.      jaga sopan santun dan tata karma karena bagaimanapun juga kita adalah tamu.
2.  kami menyarankan memakai rakit untuk menuju air terjun srigethuk pemandangan disekeliling sungai sangat eksotis.
3.       jangan lupa sewa life jacket untuk keamanan para traveler.
4.    kami merekomendasikan untuk memakai simcard simpati karena disana tidak ada sinyal selain itu.
5.  akhirilah kunjungan anda di air terjun srigethuk sebelum petang karena kondisi jalan yang masih minim penerangan.
6.    jangan lupa berdoa dan bersyukur setelah mengunjungi air terjun srigethuk.
7.  malu bertanya sesat dijalan,maka bertanyalah apabila dirasa tersesat.




air terjun srigethuk


perahu atau jalan kaki

mari berkunjung tanpa merusak
happy traveling :)




4 komentar:

  1. itu green lake kesukaan gue tuh
    mantaaaab
    tapi peraturannya itu hah


    emokidzu

    BalasHapus
  2. bagi pencinta alam dan adventure wajib ke sini nich..
    nti kpn2 kalo ke jogja harus mampir ah
    naik motor bisa ga ya..
    @_@

    btw blog nya bagus bgt
    >_<

    - KononK -

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa kok gan, kalo butuh guide bisa hubungin ane :)

      Hapus
  3. memang gan, belom banyak dijamah nih. masih asri

    BalasHapus