Selasa, 28 Agustus 2012

goa kalisuci: Petualangan ekstrim menikmati aliran sungai di bawah goa kalisuci



kalisuci
Kalisuci terletak di desa pacerejo,kecamatan Semanu, kabupaten Gunung Kidul, tepatnya kira-kira 5km dari kota wonosari lurus ketimur hingga bertemu gardu PLN kiri jalan, 100 m dari gardu pln kanan jalan ada gang,ikuti papan petunjuk ke kalisuci mulai dari gang tersebut. Crew muria travel sarankan untuk memakai kendaran pribadi berangkat dari jogja menuju kalisuci. Cirri khas gunung kidul yang topografinya terdiri dari perbukitan kapur atau lebih dikenal dengan perbukitan karst menawarkan berbagai wisata petualangan yang jarang ditemukan di daerah Indonesia lainya, salah satunya kalisuci. Goa indah yang dibawahnya sungai yang mengalir dengan cukup deras. Wisata ini hanya bisa dinikmati di 3 negara yaitu di Kalisuci sendiri, mexico dan selandia baru.

Pacu adrenalin melewati 2 goa
pacu adrenalin
Berbeda dengan goa pindul, disini kita disajikan aliran sungai di bawah goa dengan arus yang lumayan. Walaupun arus disini tidak sebesar kalau kita rafting di sungai biasa tetapi sudah membuat jantung berdebar. Aliran sungai yang berkelok-kelok dipadu dengan hijaunya air sungai dan diatapi dengan ornamen goa membuat wisata kalisuci benar-benar eksotis. Penyusuran kalisuci goa kalisuci membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 2 jam. Melewati 2 goa yang gelap diselingi jeram-jeram ekstrim membuat adrenalin meningkat. Pemandu berpengalaman dan peralatan lengkap seperti ban,helm,life jacket dan pelindung kaki membuat traveler merasa aman dan nyaman saat menyusuri kalisuci.

Trekking melelahkan setelah penyusuran
kalisuci
Kalisuci ternyata tidak hanya wisata cave tubing saja. Setelah selesai pengarungan crew muria travel sempat bingung dimana jalan keluarnya dari goa setelah pengarungan. Pemandu mengarahkan untuk menuju tangga-tangga yang terbuat dari tanah dan diberi tali tambang yang panjang. Tidak tanggung-tanggung kita menaiki tangga licin dengan kemiringan kira-kira 60 derajat dan hanya berpegangan tali tambang. Mungkin 50m kita trekking dengan medan seperti itu dilanjutkan dengan 50m lagi tangga yang sudah disemen dan sudah tidak licin tetapi masih dengan kemiringan sekitar 60 derajat. Cukup lelah untuk trekking keluar dari kalisuci. Perasaan lega langsung terasa setelah nyampai di pos penjemputan. Sedikit makanan ringan dan air minum sudah disiapkan pengelola.

HTM : Rp.65.000 (sudah termasuk pemandu,peralatan lengkap dan konsumsi)

Tips-tips berkunjung ke kalisuci:
1.        Pakailah kendaraan yang sehat dan fit.
2.  Bila anda di perjalanan pakai sepatu siapkanlah sandal untuk alas kaki selama    penyusuran.
3.       Bertanyalah kepada warga sekitar apabila bingung mengenai akses menuju kalisuci
4.      Pakailah peralatan penyusuran sesuai perintah pemandu
5 .  Jaga sopan santun dan hormati budaya setempat.
6.       Jangan lupa berdoa sebelum dan setelah mengunjungi kalisuci

kru muriatravel
kalisuci
ceria 


2 komentar:

  1. wah, seru+ekstrem neh wisata Indonesia
    siiaa14

    BalasHapus
  2. wah kayaknya seru banget jalan-jalan keliling jogja,banyak tempat wisatanya
    Rental Mobil Jogja

    BalasHapus