Jumat, 31 Agustus 2012

waduk cengklik, menikmati pagi dengan latar belakang merapi merbabu

morning cengklik

akses kesana
mata pencaharian
waduk cengklik terletak di dua desa, yaitu desa Ngargorejo dan Sobokerto, kecamatan ngemplak. ± 20 km ke arah timur laut Kota Boyolali. bila anda dari arah kota solo, bisa melalui jalan Adi Sucipto kemudian dilanjutkan menuju bandara Adi Sumarmo. Waduk cengklik berjarak  ± 1,5 KM dari bandara Adi Sumarmo. dibangun pada jaman penjajahan belanda sekitar tahun 1926-1928, fungsi utama waduk cengklik adalah untuk pengairan sawah warga dan latihan olahraga air. namun seiring berjalanya waktu, keindahan panorama waduk cengklik membuatnya sering dijadikan tujuan wisata warga solo dan sekitaarnya yang bosan dengan wisata tengah kota.

menikmati aktivitas  pagi hari di waduk cengklik
nelayan
pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk menuju ke waduk cengklik, karena saat terbit dan terbenam matahari adalah saat dimana waduk cengklik berada di puncak keindahanya. waduk dengan luas genangan 300 menjadi salah satu sumber mata pencaharian warga sekitar. di pagi hari anda akan mendapati beberapa warga yang sedang menjala ikan,bahkan anda pun bisa ikut serta menjalan ikan bersama warga sekitar dengan maniki sampan yang terbuat dari bambu. namun kami sarankan untuk berhati hati, karena tidak ada live jacket sehingga sangat berbahaya jika anda tidak bisa berenang.

minim fasilitas
sampan bambu
dibalik sejuta keindahan waduk cengklik, ternyata masih banyak kekurangan. pemerintah setempat terkesan tidak merawat. terbukti dari dinding dinding tepi waduk yang rusak dan tidak diperbaiki. selain itu, disini wisatawan juga akan kesuliatan menemukan toilet dan temoat ibadah. eceng gondok mendominasi waduk sehingga menyebabkan pendangkalan. padahal tidak mustahil jika waduk cengklik dikelola dengan baik akan membuat traffick pengunjung meningkat.jika banyak wisatawan yang datang, pendapatan pemda meningkat , tingkat ekonomi warga sekitar terangkat. dan pada akhirnya semua akan senang.
sekian ulasan muria travel mengenai waduk cengklik. duduk santai di tepi waduk cengklik sambil menikmati keindahan waduk yang berlatar belakang gunung merapi dan merbabu tentu akan menjadi salah satu perjalanan wisata yang menarik bagi traveler.

HTM:

Rp. 2.000
sepeda motor :  Rp. 1.000
mobil : Rp. 1.000









2 komentar: