Sabtu, 22 September 2012

pendakian gunung semeru: perjalanan menggapai puncak para dewa – puncak mahameru

ranukumbolo 

puncak semeru atau yang biasa disebut puncak Mahameru mempunyai ketinggian 3676Mdpl dan merupakan puncak tertinggi di jawa. Gunung semeru akan ramai dipenuhi pendaki saat 17 agustus, sebagai momentum mengibarkan sang saka merah putih di daratan tertinggi di jawa ini. Tanggal 16 desember juga tak kalah ramai ketika para penggiat pencinta alam mengenang kematian Soe Hok Gie yang meninggal di puncak mahameru karena asap beracun.

kru mutrav
danau ranukumbolo: setitik air surga yang jatuh ke bumi
pendakian dimulai dari ranupane, ranupane adalah nama danau disamping basecamp pendakian.  sesampainya di ranukumbolo, anda akan mendapati sebuah danau yang cukup luas dengan dikeleilingi pohon pinus. kesan sejuk, hening dan damai akan anda dapatkan disini. jika anda sampai di ranukumbolo tengah malam kami sarankan untuk camping di sekitar area danau ranukumbolo untuk istirahat dan menunggu sunset dari sela sela bukit di ujung timur  ranukumbolo.

tanjakan cinta
setelah ranukumbolo terdapat sebuah tanjakan yang oleh para pendaki disebut dengan tanjakan cinta, entah siapa yang memulai namun beredar mitos bahwa jika seseoran melewati jalan ini lalu dia tidak berhenti dan tidak menengok ke belakang maka semua harapan cintanya akan tercapai.
oro oro ombo
oro oro ombo

oro-oro ombo
oro-oro ombo sendiri memiliki arti padang rumput yang luas. luasnya mencapai 100HA,  Pohon pinus tumbuh subur di kawasan savana, menghasilkan panorama yang sangat indah layaknya dataran Eropa. Ketika musim hujan, Oro-oro Ombo menampakkan wujud terbaiknya. Hamparan savana hijau siap menerjang mata. Pada pagi hari, titik-titik embun menggelayut di dahan-dahan ilalang.

kalimati
kalimati
setelah puas menikmati keindahan panorama oro oro ombo dan melewati hutan cemoro kandan yang merupakan habitan berbagai jenis satwa anda akan sampai di pos kalimati. dari pos kalimati anda sudah bisa  memandang gagahnya puncak mahameru atau bagi dewa 19 adalah puncak para dewa. dari sini traveller juga dapat merasakan debu vulkanik yang keluar dari kawah jonggring saloka. bagi yang kehabisan air, bisa mengambilnya di sumber mani. berada sekitar 1km disebelah kanan pos kalimati dengan menyusuri aliran sungai yang sudah tidak ada airnya, alias kalimati

arcapada
arcapada adalah tanah datar terakhir sebelum puncak mahameru. konon di arcapada terdapat 2 patung kembar, namun sekarang arca tersebur sudah tidak dapat ditemui. namun banyak yang bilang kalo arca yang disebutkan tersebut  hanya bisa dilihat oleh orang orang tertentu. disarankan untuk mendirikan tenda dan bermalam di sini untuk kemudian melakukan summit attact.
menuju mahameru

perjalanan menuju atap jawa
disinilah letak tantangan terberat untuk menggapai puncak mahameru. disamping dibutuhkan fisik prima, mental yang kuat juga mutlak dibutuhkan. selain tanjakn yang ekstrim, batu dan pasir di sepanjang jalur ini juga mudah sekali longsor. namun disela sela perjalanan anda dapat bersitirahat sejenak untuk memandang ribuan cahaya senter yang beriringan menemani para pendaki menuju puncak mahameru. hawa disini terbilang sangat dingin dikarenakan tidak ada pepohonan yang menahan hembusan angin.




mahameru
mahameru-puncak para dewa
semua rasa lelah akan hilang tatkala anda sampai di puncak mahameru, daratan tertinggi di pulau jawa. dari sini anda dapat memandang seluruh isi dari taman nasional bromo tengger semeru dan di sisi timur terdapat gunung argopuro. rasa bangga terasa lengkap ketika anda  mengibarkan bendera merah putih di puncak para dewa ini sambil sesekali menikmati deburan awan panas yang keluar dari kawah jonggring saloka. 

3 komentar:

  1. Wah ternyata keren dipuncak mahameru Gan, dulu ane pernah ke sana, tp gk sampe' puncak Gan. Soale temen ane gk sanggup lagi. Karena setia kawan, terpaksa perjalanan dihentikan... (T.T)

    Itu kisah Ane yg gagal ke puncak mahameru Gan. Haha...

    ID = purnamadidit

    BalasHapus
  2. informasinya sangat detail gan dari pertama pendakian sampe puncak Mahameru. Ane jadi ingin menjajaki puncak Mahameru dan menikmati pemandangan danau Ranu Kumbolo.

    ID: SuperAqua

    BalasHapus
  3. wah keren nih tentang semeru :D
    yg belum pernah coba trekking di semeru buruan dicoba deh :D meskipun capek dan pegel tapi mata masih disuguhi pemandangan yg keren :D

    .eVee

    BalasHapus