Minggu, 09 September 2012

candi ijo: candi yang pemilihan lokasinya tidak sesuai dengan kitab kuno



Penikmat wisata budaya tentu harus menyusuri jalan-jalan di kecamatan prambanan, banyak komplek candi yang bisa ditemukan di kecamatan parambanan. Salah satu candi yang wajib adalah candi ijo. Candi yang letaknya sekitar 357,402 m- 395,481 m dpl,maka bayak traveler menyebut candi ini merupakan candi paling tinggi di Yogyakarta. Nama candi ijo berasal dari nama daerah setempat yang sering disebut gumuk ijo. Candi ijo ditemukan tanpa sengaja oleh H E Doorepasi pada tahun 1886.
Keistimewaan candi ijo
Candi ijo merupakan kompleks percandian berteras-teras yang meninggi kebelakang, yakni posisi timur dengan belakang sebagai pusat. Pola semacam itu berbeda dengan pola-pola percandaian di dataran prambanan, yang biasanya memusat ke tengah. Menurut kitab india kuno pemilihan lokasi untuk membuat kuil para dewa adalah hal terpenting. Lahan atau tanah merupakan vestu atau tempat tinggal yang utama bagi para dewa dan manusia. Lahan sepeti itu harus subur dan tak jauh dari mata air. Untuk candi ijo sendiri berada di bukit kapur yang tidak subur dan paling tinggi letaknya dari candi-candi lain. Terlihat bahwa lokasi candi ijo tidak sesuai dengan kitab kuno yang menyeutkan lahan harus subur dan tidak jauh dari mata air. Belum diperoleh interpretasi mengenai hal ini. Justru itulah yang membuat candi ijo semakin menarik dan unik. Candi ijo merupakan kompleks percandian yang mempunyai 17 struktur bangunan dan terbagi kedalam 11 teras. Dari kesbelas teras tersebut teras tertinggi adalah yang paling sakral, dimana terdapat satu candi utama dan tiga candi perwara atau pengiring.
Menikmati dan memahami lebih dalam candi ijo
Traveler dapat melihat arca dan relief yang terdapat di candi ijo. Salah satunya adalah arca nembu(sapi) yang dalam mitologi hindu dianggap sebagai kendaraan dewa siwa. Sementara relief yang terdapat di candi ijo menggambarkan sosok laki-laki dan perempuan.relief ini yang membuat crew muriatravel terpesona yang menggambarkan dewa siwa dan dewi parwati sebagai pengusir roh jahat. Berkunjung ke candi ijo traveler tidak hanya disuguhi karya seni hebat berupa candi tetapi juga keindahan alam di sekitar candi ijo. Berada di ketinggian dan dekat dengan bandara, menikmati candi ijo sambil melihat peasawat take off adalah pengalaman paling berharga.
crew muriatravel

Akses
Dari Yogyakarta traveler bisa naik trans jogja trayek 1a atau 1b. kemudian dilanjutkan naik ojek atau taksi menuju candi ijo. Apabila menggunakan kendaraan pribadi candi ijo terletak sekitar 28 kilometer dari jogja. Sampi di pertigaan prambanan traveler ambil kanan atau ke selatan bila dari arah jogja. Kemudian ikuti jalan tersebut kira-kira 15menit sampai ketemu penunjuk jalan kawasan candi ijo,banyunibo,barong dll. Ikuti penunjuk jalan yang menuju candi ijo.
HTM : saat crew muriatravel datang tidak dipungut retribusi hanya mengisi buku tamu, tetapi dalam waktu mendatang akan dikenakan retribusi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar