Kamis, 16 Agustus 2012

candi sukuh: sebuah misteri piramida yang terpotong


tidak seperti candi di Indonesia pada umumnya, candi sukuh memiliki arsitektur yang berbeda.penuh dengan ornament erotis dan berbentuk menyerupai pyramid suku maya di Amerika Tengah.
dari segi arsitektur jelas candi sukuh sangat berbeda jika dibandingkan candi lain di Indonesia, jika candi pada umumnya menyimbolkan gunung atau dalam bahasa sansekerta adalah meru. Candi sukuh memiliki bentuk yang sangat sederhana, yaitu trapezium dan menyerupai pyramid suku maya di Amerika Tengah. dibangun pada abad XV, beberapa saat sebelum runtuhnya kerajaan Majapahit. mungkinkah dua suku yang berbeda dan dipisahkan oleh dua benua dapat membangun sebuah bangunan dengan arsitektur yang hampir mirip? ataukah memang ada campur tangan dari suku maya dalam pembangunan candi sukuh?
Berbagai teori dan dugaan pun bermunculan. Salah satunya menyebutkan bahwa candi ini dibangun pada masa-masa ketika kejayaan Hindu mulai memudar. Sebagai akibatnya, pembangunan Candi Sukuh dibuat dengan konsep kembali ke budaya Megalitikum pra sejarah. Teori lain menyebutkan bahwa bentuk candi ini merupakan bagian dari cerita pencarian tirta amerta (air kehidupan) yang terdapat dalam kitab Adiparwa, yaitu kitab pertamaMahabharata. Sebuah piramida yang puncaknya terpotong melambangkan Gunung Mandaragiri yang puncaknya dipotong dan dipergunakan untuk mengaduk-aduk lautan mencari tirta amerta yang bisa memberikan kehidupan abadi bagi siapapun yang meminumnya.

candi misterius yang belum banyak diketahui
tidak seperti candi prambanan dan Borobudur, candi eksotis ini belum banyak diketahui. bahkan jika anda bertanya pada orang jogja yang notabene dekat dengan karanganyar, candi sukuh masih terdengar asing di telinga mereka. mungkin karena lokasinya yang terpencil membuat orang jarang mengunjunginya. padahal candi sukuh yang berada pada ketinggian 1000mdpl akan mengantarkan anda ke dalam cerita masa lalu dengan sejuta misteri didalamnya. candi sukuh berada di dukuh berjo, desa sukuh kecamatan ngargoyoso kabupaten Karanganyar. jika anda naik kendaraan umum, dari terminal tirtonadi anda dapat naik bis umum jurusan karanganyar dan turun di karangpandan, dilanjutkan dengan minibus jurusan kemuning dan disambung dengan ojek sampai dengan komplek candi. bila membawa kendaraan sendiri, kami sarankan untuk membawa mobil diesel bertenaga 2000cc atau lebih untuk memudahkan melewati beberapa tanjakan curam.


arca gupala dengan senjata yang tidak proposional
candi sukuh menempati sebidang tanah berundak dengan gapura berada di samping kanan, sisi kiri dan kanan dihiasi beberapa relief yang menceritakan kisah masa lampau yang kami tidak bisa menafsirkan apa maknanya.
untuk mencapai teras kedua, kami harus turun lagi dan memutar lewat sebelah kanan. dari teras kedua tersebut barulah Nampak jelas bentuk relief di sisi gapura. salah satunya adalah gambar seekor burung garuda yang kaki-kakinya mencengkram seekor naga. yang paling menarik dari kompleks candi sukuh adalah beberapa relief dalam kondisi tidak berbusana sama sekali alias polos. menyusuri ke arah gapura, terdapat sesaji dan bunga di lantai sebagai bentuk penghormatan terhadap makhluk yang mendiami candi sukuh.

beralih ke candi utama di teras ketiga, terdapat panggung setinggi orang dewasa di sebelah kirinya. terdapat menara batu di bagian depan panggung. bersikian relief relief erotis berupa sosok sosok tanpa busana. satu sisi menara menggambarkan sebuah tapal kuda dan terdapat dua sosok manusia didalamnya. oleh kebanyakan orang relief ini menggambarkan rahim seorang wanita yang memiliki dua bagian, sebelah kiri adalah kejahatan dan sebelah kanan adalah kebaikan. dan yang masih menjadi misteri bagi kami adalah tentang makna sebuah patung (arca Gupala) tanpa kepala yang memegang “senjatanya” yang terlalu besar jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya.

berbagai misteri dan pertanyaan memang masih menyelimuti keberadaan candi sukuh. kondisi alam yang sejuk, hening dan sepi membuat kondisi semakin mendukung untuk kembali melihat jejak jejak masa lampau. menguak misteri candi terakhir di pulau jawa ini bersama keluarga tentu akan menjadi pengalaman yang sangat berharga! happy traveling 

jadwal buka: senin-minggu 08.00-17.00 WIB
Harga Tiket:
Domestik: Rp. 2.500
Mancanegara: Rp. 10.000


1 komentar:

  1. wah baru tau gan kl ada candi kaya begini. nice share bro.. keep posting.
    By : johnconnor131

    BalasHapus