Jumat, 17 Agustus 2012

Rahtawu, lembah eksotis yang penuh nilai spiritual




akses:
berada disekitar 18KM dari kota Kudus Jawa tengah, jika naik kendaraan umum dari terminal induk 
kudus, anda bisa naik angkudes jurusan gebog lalu dilanjutkan menuju desa rahtawu dengan 
mengendarai ojek. rahtawu merupakan desa yang berada di lembah pegunungan muria bagian barat dengan ketinggian +- 800 mdpl. kondisi geografisnya yang dikelilingi bukit dan hutan membuat nilai  kebudayaan dan spiritualnya masih terjaga.

sunset in bunton
di rahtawu anda juga bisa menikmati sunset yang tak kalah mempesona dibanding gunung lain, dengan diselimuti nilai spiritual yang membuat diri ini tidak hanya berwisata alam. tetapi juga berwisata hati. sembari menunggu sunset, ANDA bisa menikmati segarnya air sendang bunton yang konon berkhasiat membuat awet muda

segarnya aliran hulu sungai rahtawu
menikmati segarnya hulu sungai rahtawu dipadu dengan batu alam yang menawan, membuat badan segar kembali setelah perjalanan menuju rahtawu yang cukup menantang dan mendebarkan dengan kondisi jalan yang sempit dan curam. untuk menambah kehangatan suasana, anda bisa bercengerama di atas bebatuan sambil menikmati keheningan khas pedesaan yang dipadu dengan gemericik aliran hulu sungai rahtawu. bagi anda yang menyukai tantangan,menyusuri hulu sungai rahtawu bisa menambah pengalaman anda sebagai adventure sejati. jika beruntung traveler akan menemui mini waterfall disana. 

“ngalap berkah” ditengah lembah
menurut cerita turun temurun, rahtawu merupakan tempat pertapaan Resi Manumayasa sampai kepada Begawan Abiyasa yang merupakan leluhur Pandawa dan Korawa. di Rahtawu terdapat banyak “petilasan pertapaan” yang diyakini dahulu kala memang benar-benar merupakan tempat bertapanya “para suci” yang oleh penduduk setempat disebut “eyang. diantaranya adalah Eyang Lokajaya dan Eyang Mada. kenyataan yang ada sekarang ini, Rahtawu menjadi tempat untuk kepentingan “ngalap berkah” yang bermacam-macam. caranya juga bermacam-macam pula, Nuansa spiritual religius Jawa sudah berbaur dengan laku-budaya adat yang oleh berbagai pihak dianggap klenik. 

Begitulah eksotisme rahtawu, desa ditengah lembah. keindahan alam yang dibalut dengan nilai spritiual yang kental membuat anda bukan hanya dekat dengan alam tapi juga dekat dengan sang pencipta


HTM: FREE

                                                               
 happy traveling :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar