Minggu, 19 Agustus 2012

Gunung Lawu: menikmati sunrise di "raksasa keramat"



 pesona 3 puncak
Hargo Dumilah
Gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. dari ketiga puncak itu Hargo Dumilah  lah yang tertinggi, 3265Mdpl.  di hargo dumilah terdapat satu tugu yang menandakan puncak tertinggi. minum kopi panas sambil bercengkerama dengan kerabat ditemani sunrise yang beranjak naik akan menjadi saat paling dinanti dalam trip ke gunung lawu ini.
yang tak kalah menawan adalah puncak hargo dalem, posisi hargo dalem berada di bawah hargo dumilah, disini terdapat bangunan yang sudah tertata rapi. karena penasaran, kru muriatravel mencoba masuk dan tak lupa permisi kepada juru kunci. didalam bangunan tersebut terdapat batu, sesaji dan patung patung tokoh pewayangan. dan kru muritravel sedikit heran ketika mendapati beberapa KTP(Kartu Tanda Penduduk) berserakan disekitar sesaji.

pasar setan
Hargo Dalem
tak jauh dari hargo dumilah, traveler dapat menjumpai pasar setan. Pasar Setan ini pada dunia materi berupa lapangan ditumbuhi rerumputan dan semak-semak. Disekeliling dan didalam lapangan yang luas itu ada banyak tempat bebatuan besar dan kecil yang tertata rapi membentuk seperti tempat pemujaan pada masa lalu,pada jaman Manusia Purba. Lapangan ini tidak ada pohon yang bisa tumbuh seperti di pinggir lapangan. menurut kepercayaan, pasar setan ini adalah tempat transaksi antara bangsa manusia dengan bangsa gaib. benar saja, di atas batu yang terdapat di pasar setan tertulis materi-materi yang diinginkan manusia. apakah ini termasuk syirik?

warung Mbok Yem
menjelang pos 4
bagi traveler, tidak perlu pusing dengan bekal dan sumber air. karena di puncak hargo dalem sudah ada warung mbok yem. dan yang tidak punya tenda bisa menginap di warung mbok yem, tempatnya luas bisa menampung sekitar 20 orang. fasilitas warung mbok yem pun lengkap. ada listrik, TV, WC, dan telepon duduk. gapercaya? buktikan sendiri aja bro. Bagaimana menu makananya? disini anda bisa menikmati pecel, soto dan aneka mie instan. jarang jarang kan dipuncak bisa makan soto?

akses kesana
dari terminal tirtonadi solo anda bisa naik bis jurusan solo-tawangmau, dilanjutkan dengan omprengan (sejenis L300) menuju pintu masuk pendakian gunung lawu.
ya, itulah lawu. raksasa keramat di perbatasan yang menyimpan banyak misteri. kearifan budaya lokal dan panorama yang memikat, keduanya saling bersinergi untuk menciptakan harmonisasi alam yang menyejukkan jiwa.

mari berkunjung tanpa merusak
regard, muria travel

HTM : 5000


peta jalur pendakian
Watu Putih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar