Jumat, 24 Agustus 2012

museum kretek: museum rokok pertama di dunia


Presiden dan wakil presiden



Yang pertama
berbicara mengenai rokok memang tak bisa terlepas dari kota Kudus, kota yang sebagian besar warganya menggantungkan hidup di industri rokok. pada tahun 1906 Nitisemito memulai bisnis rokok kreteknya. pada tahun 1908 industri rokoknya resmi terdaftar dengan merk dagang “tjap bal tiga”. sehingga tidak salah lagi jika kudus memiliki museum rokok pertama di dunia, yaitu museum kretek.

rokok presiden dan wakil presiden
museum kretek kudus
museum kretek diresmikan pada tanggal 3 oktober 1986 oleh Soepardjo Roestam, menteri dalam negri saat itu. museum kretek memiliki 3 bangunan, yaitu museum utama, mini bioskop dan rumah adat kudus. pertama kali memasuki area museum, pengunjung akan disambut oleh patung menawan karya seniman kudus. di dalam museum utama, traveler dapat melihat berbagai foto sejarah industri rokok di Kudus. selain itu, peralatan dan bahan bahan dalam pembuatan rokok kretek maupun filter juga terdapat disini. diantaranya adalah timbangan, mesin giling, pemotong tembakau, perajang cengkeh glondong, gilingan tembakau, penggulung rokok kretek, dll tak hanya sampai disitu, di dalam museum dengan lahan seluas 2 hektare ini anda juga bisa menjumpai rokok-rokok jaman dahulu yang sudah sangat langka. bahkan anda dapat menemukan rokok istana presiden dan wakil presiden Indonesia.

rumah adat kudus
rumah adat kudus (joglo)
setelah berkeliling di dalam museum utama, traveler bisa melanjutkan ke dalam rumah adat kudus yang berada di sisi kanan museum. dari segi material, rumah adat kudus didominasi oleh seni ukiran kualitas tinggi yang mempunyai nilai filosofi tersendiri. memasuki rumah tradisional yang mencerminkan akulturasi budaya kudus itu, pengunjung dapat duduk di kursi yang disediakan untuk sekedar melepas lelah dan menikmati keindahan arsitektur joglo kudus.

akses
museum kretek berada di desa Getaas Pejaten , kecamatan Jati, Kabupaten Kudus Provinsi jawa tengah. dari semarang, anda bisa naik bis jurusan Semarang-Kudus dengan waktu tempuh +- 1jam. dilanjutkan dengan mengendarai ojek dengan waktu tempuh +- 10menit, traveler akan sampai di depan pintu masuk museum kretek.

fasilitas
selain museum, museum kretek menyediakan taman bermain, waterboom, MCK, musholla, mini movie, rumah adat kudus, souvenir area, lahan parker luas

peralatan rokok tradisional
tidak ada salahnya menjadikan museum kretek menjadi agenda anda di akhir pekan, semua jawaban atas pertanyaan seputar rokok akan anda temukan disini. di museum rokok pertama di dunia, museum kretek. 









HTM
Museum :           weekday   Rp 1.500
                           weekend    Rp 2.000
parkir:                motor        Rp 1.000
                           mobil         Rp 2.000
Waterboom:      Rp 15.000

koleksi rokok
ruang tamu joglo 
koleksi promosi perusahaan jaman dulu
illuminati :D
koleksi rokok
diorama industri rokok
timbangan made in canada
peta wisata
sejarah nitisemito



pintu masuk museum utama
jenis jenis tembakau
pendiri perusahaan rokok kudus

1 komentar: