Kamis, 06 September 2012

Taman buah mangunan


pemandangan dari kebun buah mangunan
Kebun buah mangunan terletak didesa Mangunan kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul dengan menempati areal seluas 23,6 Ha dan terletak pada ketinggian 325 m diatas permukaan laut, tanah ini merupakan lahan kas desa dan lahan milik warga yang disewa oleh pemkab bantul. Taman buah mangunan mempunyai fasilitas yang memadai dan multifungsi, yaitu bisa sebagai tempat wisata,outbond,belajar bercocok tanam, berenang, bermain permainan air, dan trekking. Pemandu di taman buah mangunan siap mendampingi anda untuk mengetahui seluk beluk yang ada disini. Taman buah mangunan juga menyediakan ruang aula yang bisa dipergunakan untuk ruang pertemuan maupun meeting di alam terbuka ini.
selamat datang di kebun buah Mnagunan

Belajar bercocok tanam
Salah satu keunggulan yang ada di taman buah mangunan adalah traveler bisa belajar bercocok tanam ala taman buah mangunan. Konsep pengelolaan perkebunan ini menggunakan konsep mix farming atau integrated farming yakni pihak pengelola juga memelihara sapi sebanyak 25 ekor dari kotoran sapi tersebut digunakan sebagai pupuk organik. Dari 25 sap tersebut saat ini dapat menghasilkan 3 ton pupuk, sedangkan konsep peternakannya sendiri adalah pengembang biakan dengan hasil setahun bisa mendapatkan hasil 5-7 anak sapi. Di taman buah mangunan terdapat 950 pohon rambutan, 950 pohon mangga, durian sebanyak 1500, pohon jeruk sebanyak 500, 700 pohon jenis lainya, dan 1 pohon gaharu.berbagai sayuran organic juga ditanam disini. Untuk lebih paham bercocok tanam di taman buah mangunan traveler bisa menghubungi pemandu.
kru muria travel

merenung melihat sungai amazon mini
merenung melihat pemandangan yang begitu menawan sambil mengirup udara yang segar di taman buah mangunan bisa membuat pikiran kembali segar setelah menghadapi persoalan dinamika kehidupan. Tersedianya gardu pandang di taman buah bangunan memanjakan traveler untuk menikmati keindahan bukit-bukit dan aliran sungai oyo yang suasananya sudah seperti di amazon brazil. Tidak heran banyak wisatawan yang menyebut gardu ini sebagai bukit indah wisata melamun.

Akses
Dari Yogyakarta naik kendaraan pribadi,langsung menuju jalan imogiri timur, setelah sampai di imogiri, ambil jalan imogiri dlingo,ikuti petunjuk plang yang sudah banyak tedapat dijalan.

HTM: Rp.5000

Tips-tips berkunjung ke taman buah mangunan
  • 1.      Apabila pakai kendaraan pribadi Badan harus sehat dan fit untuk menuju ke taman buah mangunan karena jalan yang banyak berkelok-kelok.
  • 2.      Hati-hati untuk mencapai gardu pandang menggunakan kendaraan, karena jalan sempit nanjak, tikungan tajam dan saat crew muriatravel datang jalanya gak mulus beraspal.
  • 3.      Parkirlah kendaraan anda dengan aman karena parkiran kurang aman dan jauh dari gardu pandang.
  • 4.      Carilah pemandu di taman buah mangunan untuk mengetahui bagaimana cara bercocok tanam.
  • 5.      Jagalah kebersihan di lingkungan taman buah mangunan.



  •      6.       Berdoa dan bersyukur setelah berkunjung ke taman buah mangunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar