Minggu, 02 September 2012

lawang sewu, bangunan seribu pintu


lawang sewu
jika anda pernah menonton film ayat-ayat cinta dan sekuel film perjuangan merah putih: darah garuda, pasti tidak akan asing lagi dengan lawang sewu. arsitekturnya yang megah dan kental dengan suasana colonial belanda ini menjadikanya tempat yang pas sebagai sarana rekreasi sekaligus edukasi.

sejarah singkat
Lawang Sewu adalah salah satu bangunan bersejarah yang dibangun oleh pemerintahan kolonial Belanda, pada 27 Februari 1904. Awalnya bangunan tersebut didirikan untuk digunakan sebagai Het Hoofdkantoor van de Nederlansch Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) atau Kantor Pusat Perusahan Kereta Api Swasta NIS.

benarkah berjumlah 1000 pintu?
sebenarnya kalo traveler menyempatkan diri untuk menghitung jumlah pintu yang ada di lawang sewu, jumlahnya tidak genap berjumlah 1000 pintu. bangunan ini dijuluki lawang sewu yang dalam bahasa indonesianya adalah 1000 pintu dikarenakan jendela bangunan ini berukuran besar dan menyerupai pintu sehingga masyarakat sekitar menjulukinya sebagai lawang sewu.
arsitektur lawang sewu

arsitektur
lawang sewu dibangun mulai 27 februari 1904 dan selesai Juli 1907. kondisi tanah di lahan ini harus mengalami perbaikan terlebih dahulu dengan penggalian sedalam 4 meter dan diganti dengan lappisan pasir vulkkanis. bangunan pertama yang dikerjakan adalah rumah penjaga dan bangunan percetakan, dilanjutkan dengan bangunan utama. setelah dipergunakan beberapa tahun, perluasan kantor dilaksanakan dengan menbuat bangunan tambahan tahun 1916-1918. cirri khas lawang sewu adalah jendelanya yang berukuran besar.

mirip gerbong kereta api
berpose di pintu gerbong kereta api
berwisata di lawang sewu semarang akan membuat kita terkagum kagum dengan rancang bangun orang belanda yang begitu detil mempertimbangkan nilai gunanya. pertama kali memasuki lawang sewu anda akan diajak guide mengunjungi ruang sejarah, disana anda dapat melihat beberapa artikel dan foto mengenai gedung lawang sewu. dilanjutkan menuju lantai 2, kondisinya sejuk dan sepi. di lantai 2 anda akan menemui pintu pintu yang jika dilihat sejara sejajar maka terlihat mirip pintu di gerbong kereta api. menuju lantai 3 kondisinya sedikit pengap dan panas, aroma kotoran kelelawar menyengat dari ujung lantai yang pada jaman kemerdekaan dulu pernah dijadikan lapangan badminton bagi TNI. di lantai tertinggi ini anda juga dapat melihat suasana bundaran tugu muda dari ketinggian

lokasi uji nyali
merasakan sensasi dunia lain di ruang bawah tanah
mungkin anda bertanya-tanya apa fungsi dari ruang bawah tanah lawang sewu ini.  menurut keterangan guide, fungsi dari ruang yang pernah dijadikan tempat uji nyali ini adalah sebagai penyejuk alami. kok bisa penyejuk alami? di ruang bawah tanah ini selalu tergenang air ternyata bukan tanpa alasan. dengan adanya genangan air, maka suhu sejuknya akan naik ke atas, yaitu bangunan lantai 1. namun pada zaman penjajahan jepang tempat ini defungsikan sebagai tempat pembantaian. puluhan rakyat Indonesia ditenggelamkan di ruangan ini dengan keji. sebelum anda keluar dari ruang bawah tanah ini, disarankan untuk sejenak sendirian di dalam ruang bawah tanah. sekedar untuk merasakan sensasi uji nyali.

kru muria travel
akses kesana
lawang sewu berada di sekitar Bundara tugu muda semarang. jika naik kendaraan umum dari terminal terboyo semarang anda bisa menaiki bis jurusan simpang 5 turun di bundaran tugu muda semarang.

HTM: Rp. 10.000
GUIDE: Rp. 30.000
SEWA BOOTH RUANG BAWAH TANAH: Rp 10.000

Tips mengunjungi lawang sewu: 
1         .       fee guide tidak harus Rp. 30.000 meskipun petugas ticketing mematok harga Rp. 30.000
2         .       banyaklah bertanya kepada guide.
3         .       biasakan permisi dulu jika memasuki bangunan
4         .       jagalah sopan santun dan cara bicara kita, jangan takabur.
5        .       jangan telalu paranoid dengan hal mistis di lawang sewu, sejauh anda tidak mengganggu mereka         juga tidak mengganggu
6         .       jangan lupa untuk mengambil beberapa potret.









4 komentar:

  1. keren bro lawang sewu tappi angker ya katanya jadi takut by id:CRABCOREXXX

    BalasHapus
  2. keren nih lawang sewu,,tapi angker bener ya gan jadi mernding dah by id:swat76

    BalasHapus
  3. buset.. ini kan taman lawang yg angker itu kan gan :takut

    BalasHapus
  4. Maf ad yg tw nama nama guidE Lawang sewu?

    BalasHapus