Minggu, 09 September 2012

candi kalasan/candi tara yang mencerminkan kerukunan antara umat hindu dan budha




Candi kalasan atau candi tara terletak di desa tirtomartani kecamatan kalasan, sleman Yogyakarta. Candi ini lokasinya tidak jauh dari jalan utama jogja-solo sekitar km13.candi ini adalah candi budha tertua di Yogyakarta. Selain prambanan yang bisa dibilang megah, candi kalasan tidak kalah megah dan besar dari candi prambanan. Candi ini bisa dijadikan alternative wisata setelah mengunjungi candi prambanan, karena yang tidak jauh dari candi prambanan. Mengunjungi candi yang belum banyak diketahui orang banyak adalah pengalaman yang berharga, karena traveler mendapatkan ilmu lebih dari hal sejarah hindu budha di Indonesia.
simbol kerukunan umat hindu dan budha
Candi kalasan merupakan candi budha tertua yang didirikan sekitar tahun 777saka atau 778masehi. Rakai panangkaran dari dinasti sanjaya adalah yang mendirikan candi kalasan ini sebagai penyembahan dewi tara bagi umat budha. Uniknya rakai panangkaran bukan pemeluk budha tetapi pemeluk hindu. Rakai panangkaran mendirikan candi kalasan setelah dibujuk gurunya yang beragama budha. Candi ini juga dibangun sebagai penghargaan perkawinan antara raja pancapana dari dinasti sanjaya dan permaisuri dari dinasti syailendra yaitu dyah pramudya wardani. Sekedar info kalu rakai panangkaran juga merupakan konseptor utama candi Borobudur.
Ornament dan relief yang indah dan halus
Candi kalasan bisa dibilang sudah termakan usia, bangunan candi ini sudah tidak utuh lagi. Saat crew muria travel mengunjungi candi kalasan terlihat beberapa bangunan yang sedang mengalami perbaikan. Katanya pengelola bagian paling atas candi yang seharusnya berbentuk lonceng besar stupa juga tidak ada. Pemugaran yang dilakukan tidak membuat candi ini utuh lagi, tetapi yang bisa dikagumi dari candi ini adalah hiasan yang indah dan pahatan batunya yang sangat halus. Ornament dan relief dari dinding terluar dilapisi oleh semen kuno yang biasaya disebut valjralepa. Bila dilihat dengan seksama relief-relief di candi ini terpahat dengan cantik menghiasi candi kalasan ini.

crew muriatravel
Akses
Apabila dari jogja naik trans jogja turun di halte jl.solo kalasan, candi kalasan terletak sekitar 100m seberang halte tersebut.
HTM : Rp. 2000
Tips-tips berkunjung ke candi kalasan
1.       Bayarlah retribusi ketika memasuki candi kalasan
2.       Apabila naik trans jogja jangan sungkan bertanya kepada petugas rute menuju ke candi kalasan.
3.       Jangan mencoret-coret ornament di candi kalasan
4.       Jagalah kebersihan
5.       Jangan lupa berdoa dan bersyukur setelah berkunjung ke candi kalasan

3 komentar:

  1. Jmn dhlu sja sdh bsa mnghrgai agama stu sma lain
    Shrsnya skrng jga bsa mnghrgai agama stu sma lain
    "ilhamrezky"

    BalasHapus
  2. salah satu candi yang fenomenal ini gan
    by.engky_cozzy

    BalasHapus
  3. Candi kalasan kudu tetep dijaga n dilestarikan MrMistarMistur

    BalasHapus