Senin, 17 September 2012

Candi sambisari : candi yang letaknya 6,5 meter di bawah permukaan tanah


Candi sambisari letaknya tidak jauh dari candi prambanan, sekitar 4km jarak dari prambanan, apabila dari jogja sekitar 10 km, candi sambisari terletak di dusun sambisari kelurahan purwomartani kecamatan kalasan sleman.
Sejarah candi sambisari
Candi sambisari ditemukan kembali secara tidak sengaja oleh petani desa bernama karyowinangun. Cangkul karyowinangun ketika menggarap tanahnya menghantam batu besar. Setelah dilihat ternya ta ada pahatan di batu besar itu. Setelah dinas kepurbakalaan dating areal tanah karyowinangun sebagai suaka purbakala. Penggalian dan penyusunan candi sambisari memerlukan waktu sekitar 21 tahun. Menurut penelitian candi sambisari dibangun sekitar abad ke 9 pada masa pemerintahan rakai garung di zaman kerajaan mataram kuno. Kemungkinan candi sambisari terkubur lahar dingin letusan merapi pada abad 11, hal itu dibuktikan dengan adanya material vulkanik disekitar candi sambisari.
Keistimewaan candi sambisari
Apabila traveler mengunjungi candi sambisari heran tidak melihat candi yang biasanya berdiri tinggi menjulang di atas permukaan tanah. Letak candi sambisari yang berada di bawah permukaan tanah membuat candi gak kelihatan dari jarak jauh. Candi sambisari dikelilingi tembok yang dengan kokohnya mengelilingi areal utama candi. Kompleks candi sambisari mempunyai candi utama didampingi tiga caandi perwara.   Jika traveler melihat kedalam candi, di dalamnya terdapat patung durga pada bagian utara,ganesha bagian timur dan siwa agastya sebelah selatan. Di dalam candi utama terdapat lingga dan yoni yang cukup besar. Pada saat crew muriatravel datang, tampaknya pengelola masih menghormati arwah leluhur dengan menyalakan lilin dan menyajikan kembang-kembangan.
Akses
Jika traveler berangkat dari jogja naik bus jurusan yogya-solo. Kemudian berhenti disekitar di km 10 dari jogja. Ada papan penunjuk untuk menuju candi sambisari di pinggir jalan yogya-solo. Kemudian setelah turun dari bus jarak ke candi sambisari masih 2 km. disarankan naik ojek saja.

1 komentar:

  1. mantap banget gan ini gambar candinya pengen kesana rasanya...

    vanvanuui

    BalasHapus